Aug 2, 2008

pengertian oktaf (octave) dalam musik

Hari ini adalah hari yang sangat menyebalkan..... knapa coba..? saya pengen sekali nulis artiel di blog ini agar pengunjung blog ini menjadi fresh lagi karena sebelumnya membaca artikel yang melulu itu itu aja, eh malah disisi lain saya terserang rasa males, ga tau knapa padahal saya udah buka blog dan login dan udah di halaman posting blog tapi udah nyampai di halaman itu aja dan ga beranjak n akhirnya saya tutup lagi... knapa yah..? nah trus knapa ko saya tiba tiba jadi memposting artitel saat ini..? ceritanya begini, pada waktu saya lagi baca2 berita di salah satu situs news terpopuler di indonesia saya dapet PM_an dari salah seorang pengunjung blog ini dan dia menayakan " apa itu oktaf (octave) " trus saya kasih jawabannya langsung seketika menurut fersi pengetahuan saya yang pas pasan ini dan akhirnya dia merasa terjawabkan sudah apa yang dia tanyakan dan dia juga meminta saya untuk memposting artikel tentang ini (pengertian oktaf (octave)) ke blog ( mungkin bener juga saran "Rici Natan" [nick name yahoo messenger], pasti ada sobat sekalian yang berkunjung di blog ini dan kebetulan belum tahu apa itu pngertian oktaf (octave) ). berbicara mengenai pengertian oktaf (octave) sebenernya bukan hal yang rumit tapi hal ini sangat membantu untuk memahami artikel artikel di blog ini yang terkait dan mungkin untuk sekedar penambah wawasan bermusik kita juga bisa... hehehe...
kita langsung kembali ke pembahasan yaitu apakah arti dari oktaf (octave), adalah suatu kenaikan tingkatan nada dalam jarak interval, kadang di definisikan juga sebagai dua kali putaran atau lebih dari nada tertentu yang menghasilkan nada yang lebih tinggi dari nada sebelumnya...
untuk lebih jelasnya akan saya berikan gambarannya.....
contohnya kita akan membahas nada dalam 1 (satu) oktaf, misalkan satu oktaf dari nada C
kita lihat scale di bawah ini :

C_D_E_F_G_A_B_C'

kesimpulan : jadi seumpama kita memulai dari nada C, jika dalam satu oktaf maka nada akan kembali lagi dan berhenti di nada C juga, cuman bedanya C yg pertama dengan C yang selanjutnya nada yang di hasilkan akan lebih tinggi dari nada C yang pertama. dan kadang penulisan dalam satu oktaf akan di tandai dengan tanda petik satu ( ' ) yang berarti adalah satu oktaf.

dan selanjutnya jika membahas 2 (dua) oktaf dari nada C gambar scale seperti berikut di bawah ini...

C_D_E_F_G_A_B_C'_D'_E'_F'_G'_A'_B'_C"

kesimpulan : jadi setelah kita melihat bagan scale di atas maka dapat di simpulkan bahwa 2 (dua) oktaf dari nada C adalah perputaran dua kali dari jarak interfal, yaitu dari C berputar ke C' dan berputar lagi ke C"
tu kan berputar dua kali kan....? begitu juga seterusnya, jika naik 3 oktaf, 4 oktaf dan seterus nya maka kalikan aja putaranya...

udah paham belum....? jika ada yang masih belum paham seperti biasa yah kayak teman teman lainya yaitu tingal kan pertanyaan di kotak komentar di bawah artikel ini... dan kalo bisa sekalian tingalkan alamat email atau ID yahoo messengernya biar saya bisa menghubungi sobat sekalian dan memberi penjelasan secara langsung...

10 comments:

  1. Rici Natan....

    Wah MakasiH Ya Bang...

    MemaNg Ni Yang We Cari...

    ThanK Abang Eksan...

    ReplyDelete
  2. mantap penjeLasannya,,,

    thx

    ReplyDelete
  3. abang yang udah jago main gitar,,,,, ajarin saya dunk main gitar,,,, saya pingin bangaet bisa main gitar... tapi bukan sekedar bisa... tapi saya ingin pintar n ahli main gitar..... tolong ajarin yach bang.......... nih alamat email saya...... arymaneh.com@gmail.com

    ReplyDelete
  4. arievera_exe@yahoo.com9/11/09, 5:28 AM

    saya kurang paham dengan penjelasan "C yg pertama dengan C yang selanjutnya nada yang di hasilkan akan lebih tinggi dari nada C yang pertama"
    ko bisa beda...trus gimana cara ninggiin nadanya???

    ReplyDelete
  5. Thx Banget Y KK Dah Nge Post Ni Wa Lagi Cari Nie Barang Dah Lama
    THX
    :D :D

    ReplyDelete
  6. mantap infonya belajar gitar emang asyiik brader.mari berbagi
    http://jengkrung-belajargitar.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. sip gan info nya. makasih ya :)
    jangan lupa berkunjung ke blog saya (meskipun baru beberapa posting) :D
    http://infoervanrobby12.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. Saya bisa 3 oktaf 5 nada .. Bisa juga 4 oktaf tapi putus-putus.. :D

    ReplyDelete
  9. Trs cara bermain nya gi mana

    ReplyDelete
  10. Trs cara bermain nya gi mana

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)