May 21, 2008

Berlatih Speed Melodi

Untuk melakukan pelatihan peningkatan speed pada permainan melodi gitar di butuhkan kemampuan untuk memahami jenis jenis nada didalam suatu dawai atau senar gitar, jenis jenis nada yang di maksud adalah nada dasar pada ke 6 (enam) dawai atau senar pada gitar. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat sekalian me review postingan saya sebelumnya tentang klik disini => Mengenal nama-nama dari nada dasar senare (tali). Nah jika sobat sekalian sudah hafal tersebut saya jamin tahap selanjutnya tanpa sobat sadari jika sobat sering berlatih senam jari maka sobat akan bisa memaksimalkan speed (kecepatan) dalam melodi yang sobat mainkan. Dan yang gakalah penting dari ini adalah cara memegang pick atau klipper saat melakukan melodi. Pada umumnya, setelah saya bertukar pikiran antara saya dan temen temen saya yang juga seorang gitaris bahwa di dalam memegang pick atau klipper untuk membuat nyaman saat main melodi khususnya Speed (kecepatan) melodi ada dua cara untuk mempernyaman dan istilahnya adalah jembatan keledai bagi kami agar speed melodi yang kita mainkan jadi maksimal.
  • Yang pertama adalah pada waktu sobat sekalian memainkan melodi yang menantang speed maka di dalam memegang pick atau klipper di sarankan ujung klipper atau pick terlihat sedikit atau maksimal ujung pick atau klipper tersebut menonjol sekitar 3 mm, Ingat...! cuman 3 mm. karena banyak alasan jika sobat seklian melakukan melodi dengan menonjolkan speed jikalau memegang pick atau klipper dan ujungnya terlihat lebih dari 3 mm maka pick atau klipper yang sobat petikkan akan menyangkut ke senar yang lainnya dan akan membuat permainan speed melodi menjadi kedengeran tidak jernih atau tidak bersih.
  • Dan yang kedua adalah jikalau sobat seklian memainkan melodi yang slow atau kalem atau tanpa speed maka sobat sekalian dalam memegang pick atau klipper bisa memakaia cara yang pertama tadi dan bahkan memakai cara ujung pick atau klipper yang sobat pegang lebih dari 3 mm....
NAh,gimana.........? apakah sobat seklian sudah paham dengan yang saya sampaikan ini...?
Jika diantara sobat masih ada yang kurang paham silahkan tanyakan melalui kirim komentar atau POST COMMENT di bawah artikel ini, dan segeralah tanyakan tanpa sungkan sungkan dan ragu apa yang sobat sekalian kurang pahami.
Selamat mencoba...........................................................................................................................................

10 comments:

  1. maaf, masih bingung "3 inch"?
    berarti = 3 x 25.4mm = 76.2mm...
    seberapa besar pick-nya????
    apa gak salah ukuran???
    kalau 3mm itu possible, tapi 3 inch itu selebar leher/stang guitar.

    trim's

    ReplyDelete
  2. ouwhhh...iya...maaf saya salah sebut dan tulis, hehehe (maklum pas memposting postingan ini dalam keadaan ngantuk yaitu jam setengah satu dini hari.. "maksudnya 3mm dari bagian ujung pick atau clipper yang terlihat menonjol"
    terima kasih buat sobat (ga di kasih nama) / Anonymous, yang udah mengingatkan saya...sekali lagi terimakasih banget

    ReplyDelete
  3. mas ekhan gimana nech susah banget nyamain antara tab lagu sama lagu aslinya, ga' mirip mirip..

    ReplyDelete
  4. nah.... ntu kekurangan jika make tablature... klo saya mending enakan nyari langsung dr lagu aslinya...

    ReplyDelete
  5. mas gimana caranya mainin melodi speed..supaya pas dengan tangan kanan, misalnya pic dan jari tuh sama satu jalan..setiap tekan senar yang naik turun pas sama petikan pic..itu saha thNK..EMAIL Y KE .budiromdhona@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. buat sobat Ramadha : yang pasti harus latihan terus / setiap hari dan setiap waktu, dan usahakan latihannya dr tingkat yang sederhana dulu, seperti latihan memetik senar dengan scale / tangga nada mayor(agar nggak terjadi keptus asaan dalam berlatih), udah itu aja kalo km tekunin pasti ada kemajuan dengan sped dan kekonstanan antara jari/tangann kanan yg di pakai memetik dengan jari/tangan kiri yg di pakai buat megang snar di fret..
    dan sedikit tambahan usahakan kalo memetik secara bergantian memetik ketas dan ke bawah..
    seumpama km memulai petikan dengan memetik ke arah atas kemudian lanjutkan petikan berikutnya dengan petikan kearah bawah / atau sebaliknya...
    untuk berlatih tehnik dasar tangga nada/scale mayor klik disni..
    sebelumnya thx yah udah berkunjung, n buat yang lainnya kalo masih binun atau kutang jelas,bisa menanyakan seperti ini..

    ReplyDelete
  7. nie lyat adja fs aq
    anak_terakhir@febri.com

    ReplyDelete
  8. mas ekhan,,
    ak mw nanya nih,,
    ukuran pick yang baik, jika kita memainkan:
    - rhytm?
    - lead?
    - bass?

    ReplyDelete
  9. ŎőKëéè....."(^⌣^)"(y). Deh bos;)

    ReplyDelete
  10. Mas alhmdulilah saya sudah bisa memainkan jalur not picking arpeggio dan saya udah lumayan cepat Temponya y gk cept bgt sih hehe.. Sy mo nnya ni mas..Gimana ya kok saya dlm brmain arpegio kcpatan tempo sy cmn sgnih gk da perkembangan... Klo dicepetin temponya malah ngawur bermain speed sm tangga nada k bwh dan k atas tuh gk bersamaan jdi gmnh mas agar saya bisa mampu meningkatkan tempo trsbut...?

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)