Jun 26, 2008

cara membuat melodi

setelah berbulan bulan absen ga ngisi atau posting tutorial kini saya menyempatkan memposting tutorial melodi gitar, yang membuat saya jadi memposting poatingan ini adalah banyaknya pertanyaan dari sobat sekalian yang berkunjung di blog ini entah dari hasil googling atau yang lainnya. Mas gimana sih caranya membuat atau membikin melodi dalam sebuah lagu itu...? pertanyaan yang sering di lontarkan para pengunjung http://ekhan-gitaris.blogspot.com kepada saya... Pertanyaan yang sangat sulit bagi saya pribadi.. ! karena didalam mebuat suatu melodi itu tergantung dengan kemampuan sipembuat melodi tersebut, maksudnya gini, jika kemampuan bermainya sang pembuat melodi yang ingin membuat melodi tersebut sudah terbilang bagus yang pasti orang tersebut sudah berpengalaman dengan tehnik tehnik permainan melodi gitar, nah semakin banyak tehnik tehnik gitar yang dikuasi maka semakin berfariasi dalam pembuatan melodinya.... disamping itu juga ada hal lain yang berpengaruh dalam pembuatan melodi yaitu sesuatu yang memang keluar atau terpancar dari dalam diri sang pembuat melodi, maksudnya begini, seseorang tersebut emank sudah mempunyai karakteristik didalam pembuatan suatu melodi gitar, biasanya melodi gitar dikatakan enak di denger karena pengambilan nadanya yang simple tapi mudah diingat dan familiar serta enak didengar, siapakah musisi musisi yang mewakili hal ini, taukah anda dengan gitaris gun's n roses..? pasti ga ada yang ga tau gitaris yang ini.. si slash.. ya... slash emank dilihat dari scale bukanlah bandingan dari gitaris gitaris yang populer lainnya meski bersolo karier seperti Yngwie, Steve vay, dan masih banyak lagi, tapi siSlash ini banyak yang mengakui bahwa dia didalam mengambil atau meilih nada yang mau dijadikan melodi sungguh luar biasa... sangat pas dengan suasana musiknya. bukan berarti gitaris yang lainya ga enak dalam membuat melodi, enak ko' , banyak gitaris lainnya yang membuat melodi sangat enak bgd, tapi yang saya maksud disini rata rata didalam satu album atau bahkan semua album yang di garap bersamanya (slash dkk) sangat enak enak, dan yang mengungkapkan hal ini bukan satu dua orang... semua orang yang tau slash dan melodinya pasti suka semua...
trus kalo musisi nasional indonesia siapakah yang mewakili...? sang gitaris adalah Andra Ramadhan sang gitaris Dewa 19, siapakah yang gatau Andra...? semua orang yang suka musik pasti tau dengan yang namanya Andra... Si Andra ini dilihat dari scale bisa di bilang sangat bagus di kalangan gitaris indonesia, tapi ga menutup kemungkinan dia masih se Udelnya (bahasa jawa) gitaris senior yang ngeRock abis, kayak si Ian Anantono, dan gitaris gitaris yang ngerock dan ful speed lainnya yang bahkan namanya belum populer, tapi si Andra Ramadhan ini mempunya kemampuan yang ga di miliki gitaris lainya, yaitu kemampuan pengambilan nada atau pemakaian nada dalam pembuatan melodi. coba sobat dengarkan melodi dari lagu lagu yang digarap Andra dkk, apa yang sobat simpulkan..? yaitu melodi yang simple, gampang diingat, dan familiar banged dan yang pasti enak dan sesui dengan suasana lirik atau lagu yang dibawakannya.... bukan berarti juga gitaris nasional yang lainya dalam mebuat melodi ga enak di denger, bukan...! tapi yang dimaksud disini adalah penilaian rata rata dari hasil pembuatan melodi secara keseluruhan yang tercipta, dan banyak orang orang yang berpendapat demikian bahwa Andra Ramadhan ini emank sudah diakui aduhai dalam mengambil nada atau memakai nada untuk menciptakan melodi, banyak di forum forum yang mengungkapkan demikian. Nah sekarang kita kembali ke pertanyaan yang tadi, Bagaimanakah cara membuat melodi...? Jawabannya adalah semua tergantung dari mood dan feeling sobat sekalian.. nah untuk bisa mebuat hal tersebut bisa berjalan lancar dan hasilnya baik sobat dianjurkan dolo minimal harus bisa tehnik dasar bermain melodi, pengetahuan dasar tentang melodi dan cara menjalankan melodi, jika sobat masih belum tau pengetahuan dasar tentang bermain melodi, klik disni untuk belajar dasar pengetahuan tentang main melodi gitar setelah sobat kuasai pengetahuan dasar main melodi, sobat bisa membuat melodi sesuai dengan kemauan dan kemampuan melodi sobat, untuk hasil enak engaknya orang lain yang mendengarkan dan yang menilainya... sekian dolo jawaban dari saya pribadi tentang pertanyaan " bagaimanakah cara membuat melodi ...? " Jika ada yang ingin menambahkan argumen tentang pertanyaan diatas silahkan posting di " POST A COMMENT " dibawah artikel... biar sobat yang lainya bisa ikutan tau dan saling sharing... selamat mencoba membuat melodi sendiri ya...?
Pesan dari gitaris " jangan malu dengan hasil karya melodi kita meski sederhana, inilah aku dan karakterku bermain melodi , kata kata untuk motifasi diri sendiri ". Good luck.. !

11 comments:

  1. bGUs bgT boz bLOGya,
    klO bsa sKLi2 posting profil2
    gitris dnia n indo dunks!
    skset trs bro!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. Great Post Juragan,...
    ane setubuh sama ente,... slash & andra emank feel melodi di tiap2 lagunya masuk bgt.

    ReplyDelete
  3. sipz.... thx yah dah berkunjung di blog saya... n saya tunggu kritik dan masukannya.... thx

    ReplyDelete
  4. Bagus bos postingannya .
    Tp itu ilmu dasar bgt, kalo mau bahas yg lyonian dkk biar tmbh mantep!

    ReplyDelete
  5. andraaa !! permainan melodinya dia di lagu pupus'a dewa 19 msh terngiang jelas di kuping gue tuh ! haha
    skill emg penting, tapi untuk membuat suatu melodi pada sebuah lagu jadi lbh harmonis sepertinya 'feel' lbh menentukan ya bro ! setuju bngt !
    sama halnya dng band,memang beranggotakan personil2 yg high skill itu suatu kelebihan. tapi ga ada gunanya kalo ga didukung dengan 'chemistry'/ 'kekompakan' !

    ReplyDelete
  6. Bro bisa posting tentang blues scale gak ?
    Pliss gw mau belajar nih ... hehe :))

    ReplyDelete
  7. resa arviansyah12/13/13, 8:54 PM

    bagus ini blog.y salam knal sob :-)

    ReplyDelete
  8. Klw main melodi dari c,g,f yg mana harus dipetik dlu mas.?ni email gw muhridwan181099@gmail.com

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)