May 26, 2008

mengenal jalan melodi / nada mayor dan minor

Blog "tutorial melodi gitar dan kord lagu" kini akan memberikan bocoran ilmu dasar bermain gitar yang sangat penting peranannya dalam bermain melodi, yaitu memahami dan mempelajari alur jalannya nada didalam permainan melodi khususnya gitar. Apa itu yang dimaksud dengan alur atau jalannya nada didalam permainan melodi ? adalah suatu aturan internasional tentang suatu pembentukan nada sesuai dengan solmisasi (do, re , mi, fa, so, la, si, do), jadi didalam bermain melodi apapun termasuk melodi gitar pasti ada alur atau lintasan yang sudah paten dan sudah di akui dan ditetapkan oleh para musisi musisi dunia / internasional, (jadi bermain melodi itu tidak sekedar asal pencet senar di freet dan memetiknya tanpa mengikuti aturan aturan solmisasi ), nah untuk mengetahui gimana alur atau lintasan suatu nada melodi lagu sobat sekalian bisa membacanya dibalik misteri sebuah chord (kord) yang mengiringi melodi lagu tersebut. untuk lebih jelas nya akan saya kasih gambaran yaitu : sobat sekalian tau kan lagunya boomerang yang judulnya pelangi..? pasti lagu ini udah ga asing lagi di telinga sobat sekalian biarpun lagu ini udah lawas bgd, nah didalam lagunya boomerang yang judulnya pelangi ada melodi intro_nya kan (melodi intro : melodi yang mengawali musik sebelum suara vokal mulai bernyanyi pertama kali). nah disaat melodi intro dimainkan oleh sang gitaris yang pada waktu itu adalah Ivan, ada chord rithm(suara kunci gitar pengiring) yang mengiringinya ! masih kurang jelas dan ga tau juga ?, GONJRENGAN.. nah itu lebih tepatnya..... hehehe=); jadi gonjrengan kunci yang mengiringi melodi tersebut kita lihat dolo jenis kunci atau chordnya yang kebetulan adalah Em C G D . jadi dibalik misteri kunci tersebut, melodi gitar yang dimainkan oleh Ivan boomerang , kita sudah bisa melihatnya melalui solmisasi dari masing masing kunci atau chord yang mengeiringi melodi tersebut ( Em C G D ) selanjutnya setelah kita tau jalan melodinya kita tinggal mencocokkan dengan mencari nada pertama yang memulai melodi tersebut, didalam melodi gitar lagu pelangi nada pertamanya adalah nada B dan seterusnya di cocokkan sesuai suara melodi yang sobat dengarkan dari melodi aslinya( talature nada B sbb dibawah);

E||-----------------
B||-----------------
G||-----------------
D||------9---------- ( senar no 4 berada di fret atau kolom 9 )
A||-----------------
E||-----------------

Jadi kegunaan " mengenal atau mengetahui jalan melodi / nada mayor dan minor" adalah = memberi gambaran dan jembatan didalam memainkan sebuah melodi supaya tidak terjadi kesalahan pemencetan nada ( fals ) dan tidak melenceng dari aturan solmisasi yang ada.

Gimana sudah jelaskah penjelasan tentang diatas...? jika sudah jelas mari kita lanjutkan tahap berikutnya yaitu membaca atau mengenal nada mayor dan minor karena hal ini berhubungan penting dengan jalan atau lintasan melodi yang sudah di bahas sebelumnya di atas postingan ini tadi.
Didalam suatu chord terbagi menjadi dua bagian nada, yaitu nada mayor dan nada minor, sedikit tambahan penjelasan untuk kedua nada tersebut, nada mayor suara yang dihasilkan cenderung mengarah ke suasana musik ceria atau meriah, dan nada minor suara yang dihasilkan cenderung mengarah kesuasana musik mellow, atau sedih atau kalem. jadi lagu lagu yang kebanyakan memakai kunci atau chord mayor kebanyakan suasana musik yang dihasilkan adalah ceria atau ramai dan meriah, dan sebaliknya jika didalam sebuah lagu kunci yang mendominasi adalah kunci minor, maka musik yang dihasilkan adalah slow ,mellow, kalem dan sejenisnya.
Sekarang kita akan membahas tentang perbedaan mayor dan minor, sebelumnya akan saya beritahu bentuk dari solmisasi sbb dibawah :

solmisasi : Do Re Mi Fa So La Si Do

C = Do
C__1__D__1__E__0,5__F__1__G__1__A__1__B__0,5__C'
kenapa saya pakai nada dasar C=Do..? karena standart internasional nada dasar adalah dimulai dari nada C .

keterangan :
  • keterangan abjad atau huruf mewakili nama nada
C = Do maksudnya adalah nada C adalah sebagai nada dasarnya ,jadi untuk membaca contoh solmisasi diatas adalah C=do , D=re , E=mi , F=fa , G=so , A=la , B=si , C'=do
  • keterangan angka mewakili nama jarak paten yang sudah ditetapkan, jadi do , re , mi , fa , so , la , si , do jaraknya masing masing adalah 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah)
  • keterangan jarak angka 1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret, dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret.
Dan dari contoh solmisasi diatas adalah bisa dikatakan sebagai jalan melodi atau alur melodi mayaor, Untuk patokan lebih jelasnya adalah dapat disimpulkan
Alur melodi mayor : diawali oleh nada Do dan jarak statistknya adalah : 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah)

sekarang gimanakah bentuk solmisasi nada minor...?
untuk nada minor patokannya adalah diawali oleh nada La dan jarak statistiknya adalah : 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu) untuk lebih jelasnya kita lihat contoh solmisasi nada minor dibawah ini;
A = La
A__1__B__0,5__C__1__D__1__E__0,5__F__1__G__1__A'
ingat..! patokan nada minor adalah dimulai dari nada La dan jarak statistiknya 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu) , dan contoh ini menggunakan nada dasar A

Keterangan :
  • keterangan abjad atau huruf mewakili nama nada
A = La maksudnya adalah nada A sebagai nada dasarnya, jadi untuk membaca contoh solmisasi nada minor diatas adalah A=la , B=si , C=do , D=re , E=mi , F=fa , G=so , A'=la
  • keterangan angka mewakili nama jarak paten yang sudah ditetapkan, jadi la , si , do , re , mi , fa , so , la jaraknya masing masing adalah 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu)
  • keterangan jarak angka 1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret, dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret.
Jadi untuk menggaris bawahi perbedaan antara nada mayor dan anda minor adalah :
  1. nada mayor di mulai oleh atau dari nada Do dan statistik jaraknya adalah 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah)
  2. nada minor dimolai oleh atau dari nada La dan statistik jaraknya adalah 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu)

Gimana sudah jelaskah semuanya sampai disini.....? kalo masih belum jelas juga, mari kita lihat lagi penjelasan penjelasan berikut ini: (pokoknya sampai sejelas jelasnya dan sedetail detailnya)

Sekarang kita akan praktek memadukan antara chord atau kunci gitar dengan solmisasi mayor dan minor !
untuk tahap ini saya anjurkan sobat sekalian sambil memegang gitar dan segera mainkan petunjuk petunjuk penjelasan dari semuanya ini.

Untuk mengetes solmisasi tersebut mari kita praktekan dengan sebagai berikut,
  • Praktek solmisasi mayor, Sebagai contoh praktek, sekarang sobat sekalian cari teman untuk memainkan chord atau kunci C dan suruh menggonjrengnya terus, dan sobat yang jadi gitarisnya sekarang(heheh) silahkan mainkan melodi dari nada kunci C tersebut , sekali lagi saya ingatkan kita sekarang lagi praktek solmisasi mayor, jadi yang harus di garis bawahi adalah menggunakan nada dasar Do dan statistik jarak 1_1_0,5_1_1_1_0,5 (satu, satu, setengah, satu, satu, satu, setengah). Jadi sobat menggunakan nada dasar C = Do . untuk memulai main melodinya dan cara baca jarak statistiknya adalah
    1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret , dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret. Untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm C dan alur solmisasi mayor dengan statistik jarak 1_1_0,5_1_1_1_0,5
E||--------------5-7-8-
B||-------5-6-8-------
G||--5-7---------------
D||---------------------
A||---------------------
E||---------------------

Jika sobat memainkan melodinya sesuai dengan petunjuk diatas yaitu memperhitungkan jarak statistik dan nada dasar maka di dalam praktek tersebut tidak mengalami nada fals.

  • Praktek solmisasi minor , sebagai contoh praktek sekarang teman sobat suruh memainkan chord atau kunci Am dan suruh menggonjrengnya terus, dan sobat masih menjadi gitaris. silahkan mainkan melodi dari nada kunci Am tersebut, sekali lagi saya ingatkan kita sekarang berganti praktek solmisasi minor, jadi yang harus digaris bawahi adalaha menggunakan nada dasar La dan statistik jarak 1_0,5_1_1_0,5_1_1 (satu, setengah, satu, satu, setengah, satu, satu) Jadi sobat menggunakan nada dasar A = La . untuk memulai melodi dan cara baca jarak statistiknya adalah1(satu) berarti jika dimainkan di gitar jaraknya adalah 2(dua) kolom atau fret , dan 0,5(setengah) berarti jika dimainkan digitar jaraknya adalah 1(satu) kolom atau fret.Untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm Am dan alur solmisasi minor dengan statistik jarak 1_0,5_1_1_0,5_1_1
E||-----------------3-5--
B||----------3-5-6-------
G||--2-4-5---------------
D||----------------------
A||-----------------------
E||-----------------------

Jika sobat memainkan melodinya sesuai dengan petunjuk diatas yaitu memperhitungkan jarak statistik dan nada dasar maka di dalam praktek tersebut tidak mengalami nada fals.


jika sobat ingin tahu nada fals yang dihasilkan solmisasi tersebut maka yang harus sobat lakukan adalah : teman anda suruh menggonjreng chord atau kunci C tapi anda memainkan melodinya menggunakan jalan atau alur solmisasi minor yaitu 1_0,5_1_1_0,5_1_1 untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm C
E||----------------6-8---
B||---------6-8-9-------
G||--5-7-8--------------
D||---------------------
A||---------------------
E||---------------------
pasti suaranya fals dan ga enak di denger.


dan sebaliknya jika teman anda memainkan chord Am tapi anda menggunakan jalan atau laur solmisasi mayor yaitu 1_1_0,5_1_1_1_0,5 untuk lebih jelasnya lihat dan mainkan gambar tablature berikut dengan chord rithm Am
E||---------------2-4-5-
B||--------2-3-5-------
G||--2-4---------------
D||---------------------
A||---------------------
E||---------------------
pasti suaranya fals dan ga enak didenger.

huah.....selesai juga akhirnya moga aja ini bermanfaat bagi sobat yang ingin belajar gitar melodi, kasih komentar anda mengenai postingan ini, mungkin akan menghapus kecapean saya setelah ngetik postingan ini selama hampir 7 jam lebih..gila ga...? hehehe tapi ga papa aku cuman pengen semua orang bisa bermain alat musik khususnya gitar melodi.
yah sekian dolo dan selamat mencoba dan berkarya...
aku tunggu jawaban efek dari hasil latihan ini..heehehehe
..
Ikuti dalam Twitter..

91 comments:

  1. waduh... masih binun...
    pada saat praktek mainin melodinya..
    angka 5 7 8
    5 6 8
    5 7

    ini maksudnya apa ? bisa jelasin lagi gak ?

    ReplyDelete
  2. 5 7 8 5 6 5 5 7 adalah angka kolom atau fret, lebih jelasnya gni.. akan saya kasih contoh lagi..

    E|--5------
    B|----7----
    G|------8--
    D|---------
    A|---------
    E|---------
    lihat gambar tab diatas:
    % maksudnya angka 5 itu adalah : petik senar no 1 dgn tngan kanan(cara menghitung senar dari atas kebawah), kemudian jari tangan anda yang kiri berada di kolom/fret 5.
    % maksudnya angka 7 itu adalah : petik senar no 2 dengan tangan kanan(inget! cara menghitung senar dari ats ke bawah), kemudian jari tangan kiri anda berada di kolom/fret 7 dan berlaku untuk seterusnya.
    untuk lebih jelasnya silahkan peljari cara membaca tablature..
    selamat mencoba.
    kalo bisa tinggalkan email anda atau ym anda agar kita bisa belajar lebih lancar..
    untuk yang lainnya jika ingin bertanya dan ingin saya jawab langsung silahkan tinggalkan alamat email anda atau ym anda, saya akan membantu sebisa saya..

    ReplyDelete
  3. nama Andy Rhapsody
    email
    dream0177@hotmail.com ATAU
    dream0177@gmail.com

    ReplyDelete
  4. @ dream a prayer : sudah saya kirim ke alamat email km sob.. thx yah dah berkunjung di blog saya...

    ReplyDelete
  5. cihuy juga kayanya nih..cuma masih rada2 bingung..

    gw c pengennya sekalian kursus, bisa ga?

    -bontie- v ^_^

    ReplyDelete
  6. kalo kursus.. saya lagi bikin situs web buat kursus online belajar melodi gitar... n ntar di web tersebut akan di kasih contoh memainkannya lewat video secara deatil dan pelan (biar peserta kursus jelas ngelihatnya)... mungkin dekat dekat ini akan segera jadi situs yg saya bikin.. tunggu ajah yah (lagi pusing ngadepin bahasa pemrogaman PHP nie) hhehe.. bagi yang lain mohon kasih masukan mengenai pembuatan web buat kursus online dunk.. kira kira fiture apa aja yg cocok n musti saya tampilkan di web situs kursus online belajar melodi gitar nantinya... untuk biaya yg pasti murah bgd (ga sampai 20rb) masa keanggotaan selamanya.. saya tdk memungut biaya atas ilmu saya, biaya cuman untuk mengganti materi buat kelengkapan kursus sperti handicam, dll dan yang pasti saya akan minta bantuan tmn saya buat memanagement ini stus biar selalu update dgn lagu2 terbaru.

    ReplyDelete
  7. wooiii.............
    oke-oke..........
    keren banget
    ini dia yg gw tunggu2
    doain biar gw jadi guitaris

    ReplyDelete
  8. kok di gitarku gak ada angka-angkanya, aku cari-cari gak ketemu tuh, ada yang bisa bantu gak?

    ReplyDelete
  9. buat sobat yang berada di atas saya pas... Angka angka yang di makasud diatas cuman memudahkan untuk memberitahu di kolom/fret berapa kita musti memainkan melodi, jadi jika di cari/di lihat pada gitar sebenarnya emank ga ada.. itu namanya tablature, jika kepengin tau tentang cara membaca tablature silahkan baca di sini =>cara membaca tablature ...

    ReplyDelete
  10. Slashsnakepit7/15/08, 7:45 AM

    Tapi Saul "SLASH" hudson klo men gitar, notes yang dipilih banyak yang fals.. tapi melodinya malah bagus.. kayak garam di masakan.

    ReplyDelete
  11. @ Slash : wah... ntu bener bgd pendapat km ;)... oh,iya pembelajaran di atas adalah untuk pengenalan dasar megenai jalan melodi, sebenernya ada tingkatan lanjutannya, nah yang di pakai slahs yang kayak km bilang ntu udah tingkatan yang ribet " yah lebih jelasnya gini, jika kita melihat not melodi blus atau jazz ntu banyak nada fals nya (jika di lihat dengan metode pembelajaran di atas) di musik blus dan jazz km pasti banyak menemui nada yang urut n mengabaikan jalan melodi standart kayak di atas, contoh tab nya ini :
    |---------------------------
    |---------------------------
    |---------------2-5-4h5-4-2-
    |-------3h-4h-5-------------
    |-3h-4h-5-------------------
    |---------------------------
    coba tab ditas mainkan dengan tempo yang cepat, yah palinggak temponya 1/8, pasti enak... ngebluss bgd 8-} , padhal ntu kan nggak mengikuti aturan yang di bahas di atas kan..? hahaha :-o , susah ngejelasinnya saya masih binun cara ngejelasinnya.. yah trus contoh lain, km lihat musik padang pasir.. nah ntu kan fals bgd, tapi fals nya enak... ntu gimana.... :-/ ? kita bahas di session mendatang.. thx yah udah berkunjung di blog saya... saya tunggu masukan2 lainnya, seneng banget bisa sharing sesama musisi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta tab musik padang pasir nya dg mas bro.......

      Delete
  12. Wadohh~~~~
    Sobat,maci binun juga neh...
    pas sobat nulis tentang lagu Pelangi(Boomerang),lagu itu kan kunci intronya Em C G D khan,api koq nada pertamanya dimulai dari nada B???mengapa harus dimulai dr nada B sob?padahal kord nya kan dari Em??
    Ato tolong kasi contoh lagu laen boleh gk sob?soalnya lagu pelangi uda lupa bngt..
    hehe~~
    Thanx..
    ^^

    ReplyDelete
  13. @ Pemula : ohhh... knapa ko di mulai dari nada B..? itu sih tergantung dari pembuat melodinya (ivan boomerang) , nah knapa ko ga make nada E padahal kuncinya kan Em... coba km perhatikan bentuk / susunan chord/ kunci Em.. nada apa saja yang kamu pegang jika km memegang style kunci Em, berikut bentuk/ susuan nada di dalam kunci Em :
    E||||-------|-------|------|----- senar 1
    B||||-------|-------|------|----- senar 2
    (G)||-------|-------|------|----- senar 3
    D||||-------|-(E)---|------|----- senar 4
    A||||-------|-(B)---|------|----- senar 5
    E||||-------|-------|------|----- senar 6

    nah... sekarang lihat susunan chord/kunci Em diatas.. nada yang terpegang atau harus di pegang kan nada (B), nada (E) dan nada (G)
    nah di dalam kunci Em itu ada tiga nada pembentuknya yaitu (B), (E) dan (G) coba lihat aja susunan kunci Em di atas... ke enam senar gitar jika kamu petik satu persatudari atas ke bawah pada gambar di atas adalah : senar 1 = nada E, senar 2 = nada B, senar 3 = nada G, senar 4 = nada E-lagi, senar 5 = nada B-lagi, senar 6 = nada E-lagi.
    nah berati jika dalam lagu pelangi miliknya boomerang kunci/chordnya pertama adalah chor Em sedangkan nada pertama dalam melodi yang di mainkan nada B, jadi ga masalah alias sah sah saja, karena di dalam kunci Em itu terdapat 3 unsur nada pembentuk chord Em , yaitu (B), (E), dan (G).... jadi gtu....... kalo masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan lagi yah... ga papa.... :)

    ReplyDelete
  14. eh keknya gw pnah dnger klo misalnya tangga nada mayor ada urutannya mayor-minor-minor-blablabla dalam mainin chordnya,
    ada ga sh sbenernya aturan kek gt?

    o ia, trus jdnya melodi itu nada pembukanya dsesuaiin ma chord yg lg dmainin?
    tiap ganti chord bagusnya pake salah satu dr 3 nada pembentuk itu melodinya?
    kasi tips lg dunx @__@

    ReplyDelete
  15. aduh.............. kyanya sUsaH bgT mw Blajar melodi aja. sobat Bisa ngasih tau lebih dtail lg ga. cz angka2 yg lw sbutin w Blom pham................................
    nlong jlsin ye......................

    ReplyDelete
  16. thanks.........

    keren lo brow ...... dah sabar baik lagi.... salut ama lo..... oh iya gw doain biar tu web yg lagi lo kerjain cepet beresnya......

    ReplyDelete
  17. tanks bangat sobat..
    dah baek sabar lagi..
    gue pasti sering2 nongkrong disini dehh..
    oiya mo tannya dikit ni biar leih jelas..
    gue punya lagu ni contoh chord nya
    C G C B E D

    kira2 boat melodinya gimana tuh sobat?
    tolong jelasin yahh
    fret2 mnan aj yang bisa gue tekan dengan komposisi chord seperti diatas..
    trima kasih.

    ReplyDelete
  18. OK banget nich........
    tapi aq masih bingung???????
    soalnya dari 5 ke 7 untuk mayor tapi kok balik lg ke 5 setelah solmisasi ke tiga..
    berarti 7 ke 5 itu 1 jarak solmisasinya????

    ReplyDelete
  19. untuk sobat sekalian yang berkomentar di atas saya semuanya.. mungkin saya ga bisa meberikan jawaban secara sekaligus satu persatu karena keterbatasan tempat berkomentar di blog ini, dan kalo bisa mohon di tinggalkan alamat email atau ID yahoo messengernya bersamaan pertanyaan yang disampaikan di kotak komentar ini biar saya bisa menjelaskan secara langsung dan prifat, kan lebih enak...
    thx atas kunjungannya yah...
    ...
    EkHAn

    ReplyDelete
  20. zaky said...
    tanks bangat sobat..
    dah baek sabar lagi..
    gue pasti sering2 nongkrong disini dehh..
    oiya mo tannya dikit ni biar leih jelas..
    gue punya lagu ni contoh chord nya
    C G C B E D

    kira2 boat melodinya gimana tuh sobat?
    tolong jelasin yahh
    fret2 mnan aj yang bisa gue tekan dengan komposisi chord seperti diatas..
    trima kasih.

    qi_onemore@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  21. mantep bos,,,
    sangat membantu buat sy yg Lg
    bLajar maen gitar,,,,,

    thx

    WassaLam

    Oi...

    ReplyDelete
  22. skaLi Lg ane ucapin thx wat bagi² iLmunya,,,
    sLama ini sy bLajar gitar, tp kynya cm dsitu-situ aj,,
    gini bos,,
    ane dh dpt meLodi peLangi itu,, tp br yg awaL² itu.
    bisa g bos ane minta tab nya yg Lngkap???

    thx,,,

    WassaLam

    Oi...

    ReplyDelete
  23. thx bwt pljarannya...
    aqyu ckrg lg kerja..
    tar klo ud mpe ruma,lgsg bljr aph yg ud aqyu plajari dcni..
    mkci y..

    ReplyDelete
  24. oh iya lupa,
    sXan mw tnya..
    melodi yg kita pencet tu hrz slalu d t4 cord yg lg d maenin kan??;))

    ReplyDelete
  25. halo semuanya... sorry baru online nih.. yg udah berkomentar di atas saya semuanya, makasih yah dah berkunjung di blog ini... n buat pertanyaan2 yg di sampaikan mungkin sebagian udah saya balas lewat email or yahoo messenger.. n buat mas Phe2,.. (pertanyaan anda udah bener dan emank bener..) sedikit saya tambahkan, jadi melodi yang musti kita pencet ntu ga terpaku di chord yang kita mainin, bener emank bener… cuman ntar jadinya nggak ada pengembangan nadanya ( itu2 aja jadinya ), padahal sebenernya luas dan bisa di kembangkan lagi.... sebenernya chord yang lagi di mainin sebagai petunjuk jalannya melodi aja... seumpama kita lagi mainin chord Eminor nah di chord Eminor itu kita telah di kasih petunjuk berupa jalan melodi atau alur dan disebut sebagai tangga nada Eminor, nah di alur atau tangga nada itu km bisa mememainkan melodinya, baik itu.. semua nada yang terdapat dalam alur tersebut ataupun hanya sebagian nada yang km gunakan, yang penting tetep ngikuti tangga nada.. nah untuk melihat contoh2 scale or tangga nada silahkan coba aja fasilitas di blog ini yang berada di paling bawah sendir di blog ini (bisa di lihat di bagian bawah blog ini) cara menggunakannya yaitu.. contoh anda klik key "C" trus klik scale "Harmonic minor" nah setelah itu pasti muncul tanda titik2 kuning di gambar neck/setang gitar.. di gambar itu bisa di simpulkan kalo scale harmonic mionor C jika di mainkan melodinya ikuti aja gambar titik2 yg berwarna kuning tersebut.. yang intinya yaitu yg musti di petik diantaranya nada C, D, D#, F, G, G#, B ... ( inget!! ini nada2 yg musti di pencet dalam scale harmonic minor C .... kalo masih binun tanyakan lagi yah... n sesama pengunjung juga bisa saling sharing...

    thx... ekhan

    ReplyDelete
  26. Bos, tab peLangi nya dong (yg fuLL),,
    wat Latian bos,,,,

    thx

    ReplyDelete
  27. permisi, punya tab gitar lengkapnya ga? untuk lagu boomerang - pelangi. saya mo latihan^^

    ReplyDelete
  28. NeutralVagrant10/11/08, 2:14 PM

    maaf lupa ngasih email, ini email saya vagrant_13@yahoo.co.id. boleh minta tab pelangi (boomerang) yg full

    ReplyDelete
  29. bos besar mo nanya ne..kalau bikin melodi atau ngprov kan harus ikutin kunci...tp kalau kuncinya banyak gmana ya?thx before

    ReplyDelete
  30. Slashsnakepit12/30/08, 8:39 AM

    Hmm. Klo mo serius belajar gitar gw saranin kalian pake software GuitarPro 5 dech.
    ambil tabna (bukan software loh) di www.tabscout.com,www.tab911.com atau yang lebih lengkap www.ultimateGuitar.com

    ReplyDelete
  31. Slashsnakepit12/30/08, 8:44 AM

    ohh,, satu lagi..
    mengapa gitaris seperti vai, sacht, slash, gilbert, marty n anymore mereka maen pake soul n setelah diteliti ada suatu teknik dalam mencari melodi yang mereka lakukan yaitu dengan
    Bersenandung....
    senandung dulu atau pake mulut seperti kyk gini
    hmm laa hww ahaa la lal lu la (ukh..ukh)
    baru samain dengan melodina
    n satu lagi ,, band kalian berpengaruh penting abis buat melodi yang nanti dibuat,
    pesan = maen lead sesuka hati jangan mau dihambat ama temen seband apalagi yang cuma bermodal pita suara itu...
    wkwkwk

    ReplyDelete
  32. wah.. ok mas slahs.. makasih banyak telah meluangkan memberi tambahan tips dsini..
    salam knal dr saya.. mas... keep share mas yah..

    ReplyDelete
  33. wah aqo msh binun ne . . .
    mta tabY dund . . buat belajar . . :D
    krm kemail aqo z .. .
    payid.cakep@ymail.com

    ReplyDelete
  34. Wahh..nieh blog yang selama nie aku cari./akhirnya ketemu juga....... mantab gan....tapi kalau boleh..mohon bimbingannya lebih lajut lah... ne email saya : wartojabat@yahoo.com aku tunggu gan......!!!

    ReplyDelete
  35. Web nya bagus brad
    kalo buat pindah tab gimana ya cara melodinya?
    misalnya buat yang sederhana, C am F G
    Kita mainin melodinya pake nada dasar apa ya?
    Apa ada tangga nada gabungan?
    iyo_affinity@yahoo.com

    ReplyDelete
  36. Bos blognya mantap bener..
    tp aku bnyk pertanyaan nie,, email agan apa y ntr saya add..

    klu email saya suryaisu@ymail.com

    ReplyDelete
  37. jendral abarai4/16/12, 9:27 PM

    tolongi bang
    aku mau buat melody lagu
    tpi nggak tau mau dimulai
    dari mana
    nih kuncinya c g em d
    btuin ya please !!!!!

    ReplyDelete
  38. jendral abarai4/16/12, 9:28 PM

    lupa nih email aku
    ucihaabaraithepunk@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  39. mas ekhan,,
    ak mw nanya nih,,
    gimana kalo kunciny itu bnyak, contoh:
    c,am, f,g
    trus bkin melodi gitarny gmna?

    ReplyDelete
  40. mau tanya ni,aku masih bingung mainin melodi,padahal "doremifasolasido "udah di ajarin dikit ma temenku??gimana cara mainin supaya bisa ngiringin sebuah lagu ??

    ReplyDelete
  41. mas mohon jawabanya
    email:ahmadarifinjazz@gmail.com

    dan untuk mengembangkan melodi gimana ya mas??

    ReplyDelete
  42. .sory ganggu...
    .gua punya lgu ni' tpi nyari melodY_A Susah...
    .yang maen_a di C-Am-Fm-Gm...
    .gMn to...

    ReplyDelete
  43. Wow nice blog :D, like this :D

    ane jga suka musik, khusus.y gitar modal dasar gw cmn kunci'' dasar, ma ''senar 1 = E, senar 2 = B, senar 3 = G, senar 4 = D, senar 5 = A, senar 6 = E'' trus ane kembangin pke logika hehe belajar sendiri selama 4 tahun pke youtube ma guitar pro hehe *jadi curhat gw* skrng ane ketemu ma blog ini , ane bkalan rajin nongkrong disini :D :D

    http//:harrysaputra06.blogspot.com

    ReplyDelete
  44. Wow nice blog :D, like this :D

    ane jga suka musik, khusus.y gitar modal dasar gw cmn kunci'' dasar, ma ''senar 1 = E, senar 2 = B, senar 3 = G, senar 4 = D, senar 5 = A, senar 6 = E'' trus ane kembangin pke logika hehe belajar sendiri selama 4 tahun pke youtube ma guitar pro hehe *jadi curhat gw* skrng ane ketemu ma blog ini , ane bkalan rajin nongkrong disini :D :D

    http//:harrysaputra06.blogspot.com

    ReplyDelete
  45. Wow nice blog :D, like this :D

    ane jga suka musik, khusus.y gitar modal dasar gw cmn kunci'' dasar, ma ''senar 1 = E, senar 2 = B, senar 3 = G, senar 4 = D, senar 5 = A, senar 6 = E'' trus ane kembangin pke logika hehe belajar sendiri selama 4 tahun pke youtube ma guitar pro hehe *jadi curhat gw* skrng ane ketemu ma blog ini , ane bkalan rajin nongkrong disini :D :D

    http://harrysaputra06.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. I like it... pngen bnget blajar ne ma mas ekhan.. kyak'y dy sdah snior ne....
    YM aj mas.... anwarantech@yahoo.com
    mw mnta tlong tab melodi'y bandot tua "jamrud " mas... please

    ReplyDelete
  47. Klo nada dasarnya C mayor, apakah melodinya cuman C-D-E-F-G-A-B-C atau da yg nada laen kak, mohon djawab .., ^_^

    ReplyDelete
  48. trima ksih bnget gan,stelah saya cari2,ternyata blog agan yang paling bangchu wo,xie xie ni

    ReplyDelete
  49. keren nie gan, sangat membntu,.. tlong krimin ke email ane gan, tentng gimana cara nyarii melodi dlam gitar dengan mnggunkn chordnya,..
    putuaghus@gmail.com
    mkis gan...:-*

    ReplyDelete
  50. saya kurang ngertyy sama jarak seperti 1, 0,5 mksud'y apa yah....

    wan.setiaone@gmail.com

    ReplyDelete
  51. yogi prasetyo9/15/12, 12:08 AM

    keren..tpi aku kok belum maksud ya,,,
    ajrn lg yg lbh detail ya....

    ReplyDelete
  52. mas sya mao nanya,solmisasi untuk intro dbagindas cinta gmana y?kan kordnya Em Bm C G,ditunggu y mas,ini email saya adiratno99@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  53. mas sya mao nanya,solmisasi untuk intro dbagindas cinta gmana y?kan kordnya Em Bm C G,ditunggu y mas,ini email saya adiratno99@yahoo.co.id,makasih

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. kalo lagunya d'cinamon yang selamanya cinta melodinya gimana? tolong dijawab terima kasih

    ReplyDelete
  56. muh.arif19@ymail.com mohon bantuannya bang

    ReplyDelete
  57. boss, angka angka yg ada di gambar contoh tablatur melody itu maksudnya gimana?

    ReplyDelete
  58. Mas mnt penjlsnnya klau mislx kordx a,b,c,d atau yg lainx letak yg tekan yg mana dan di petik berapakali? bls email fariedz.deso@yahoo.com

    ReplyDelete
  59. Thks ya buat ilmux. Sangat mmbantu :)
    email : Mersyrita@yahoo.co.id
    tlg pnjelasanx bro . Klo cord E C#M A B(padi ternyta cinta) melodix gmn?mnt ajrin alurx dnk . Thks bfore :)

    ReplyDelete
  60. Mas, mau tanya nih tentang Scale" dalam melodi itu maksudnya gimana ? tolong bantuin, lagi bingung mas...

    email : Ferrycs19@yahoo.com

    tolong mas tentang scale nya

    ReplyDelete
  61. paezul bayani10/15/13, 11:39 PM

    yg msh sy bingungkan!
    Kan nada mayor jarak statistiknya (1_1_0,5_1_1_1_0,5) 1=2 kolom 0,5=1 kolom, naah mksud'a apa tu?? Contohin pke tab d bwah ini byar cpet ngerti, hehe#makasi
    E||--------------5-7-8-
    B||-------5-6-8-------
    G||--5-7---------------
    D||---------------------
    A||---------------------
    E||---------------------

    ReplyDelete
  62. saya udah ngerti..makasih min:)

    ReplyDelete
  63. saya udah ngerti..makasih min:)

    ReplyDelete
  64. ajarin aq dunk..dh 2 th bljar gtar tp g ngrti2 Q..ne email q..atim.doank.ad.ad@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Mau dong gan cara metik senar dalam lagu ipank tentang cinta Чǝлƍ mana dulu.
    Riiosandie21@gmail.com

    ReplyDelete
  66. ni blog bagus.....ane salut ama karakter orgx...yg ingin tulus ngasih informasi.dua jempol buat loe gan.

    ReplyDelete
  67. Gua cuman males senam jari doang, sialan. haha..

    Mau belajar main melodi gitar? Nih, gua ada lagu andra and the backbone plus joe satriani, copy paste url ini: http://j-smith-site.blogspot.com/2013/12/joe-satriani-summer-song-guitar-cover.html

    Atau klik aja nama gua.. :)

    ReplyDelete
  68. Kak blum ngerti nih..
    Mau nanya ,kan kita uda tau nih cordx ,nah klau misalx cord awalx main di E cari melodyx gimana tuh,maksudx gimana carax kita bisa tau klau kunci melodi E itu di situ di senar satu kah atau senar dua kah trus kolomx di mana aja letakx..
    Sy ada lagu kak Contoh kuncix E C G D..
    Gimana tuh cara cari melodyx..
    Mohon bantuanx kak..
    Makasih:) ..

    ReplyDelete
  69. Kax kalau cra nya nyari melodi dalam lagu gimana??
    tolong kasih tau, .. maklum ni baru pemula..

    ReplyDelete
  70. wkwkkwk Dapet iLmu gratisan eyy :v

    ReplyDelete
  71. alhamdulillah udah bsaa dikit ...snang ras.y bisa mainin melodi melompat lebih tinggi...dan bndan p S.O.S

    ReplyDelete
  72. makasih banget bro.. :'( ane pengen banget jadi gitaris LEGEND

    ReplyDelete
  73. mas,. minta bntuannya dung? kalo nyatuin major dan minor gmna.. kalo jalannya melodinya dari kunci C Em F G Am G gimana..
    tlong bantuannya ya mas? :)

    ReplyDelete
  74. gan,ajarin gue ya..
    ni emailnya : abiyyu98@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  75. Klo melodi lagu bondan kita slamanya nda dsar ny gimana boss??

    ReplyDelete
  76. Gan minta bimbingan nya dong nih ym ane andre_cofanka@yahoo.com

    ReplyDelete
  77. Fajar Wahyu A4/23/14, 5:43 PM

    Fajarwahyu12@gmail.com
    Bantuanya yaa bang,bnyak pertanyaan
    Makasih ^.^

    ReplyDelete
  78. tq udah mw brbagi ilmu gan.
    :)

    ReplyDelete
  79. MAntap gan, hrs sring2 nongkrong dsini nie

    ReplyDelete
  80. makasih banget bro. Bisa kirim lagi lebih banyak gak ke sini : yari.aulia@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Keren bener postingan nya gan...sangat membantu..kebetulan saya jga lgi blajar melody gitar..boleh mnta Tab melody lagu nya ungu " Asmara terindah" buat belajar

    Ini email saya : Sepry.oliver@yahoo.co.id

    Terimakasih...
    #Salam Musisi

    ReplyDelete
  82. disini lebih lengkap coba aja habis mampir barusan
    gw mantengin terus tuh blog
    www.chord-real.blogspot.com

    ReplyDelete
  83. thanks om ....sangat bermanfaat..

    untuk 11o,5111o,5 dan 5 7 8 . 5 6 8 . 5 7 . sy sdah mulai mengerti sampai di situ
    ada satu hal yg sy ingin tanyakan..jika kita memainkan sebuah lagu dengan awalan melodi ,contoh seperti lagu boomerang - pelangi . dengan intro EM. C. G. D . dan bagaimana cara mengaplikasikan cara yg om jelaskan (11o,5111dst) pada chord intro lagu boomerang tersebut..trimakasih sudah membantu.

    -->>dentrachman2803@gmail.com

    ReplyDelete
  84. mau lbih intensive nih gan,,, gmn cara kursus nya, kabari ya gan

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)

 
copyright 2008-2009 http://ekhan-gitaris.blogspot.com | design ulang template by : ekhan-gitaris