May 4, 2008

Panduan Menyetam (menyetel) Gitar

Berikut ini adalah cara atau panduan untuk menyetam ( menyetel nada ) pada alat musik berdawai khususnya gitar. Memang menyetam alat musik berdawai khususnya gitar tergolong sangat susah jika yang menilainya adalah orang pemula atau baru belajar gitar, karena biasanya mereka kurang begitu jeli dalam pembandingan suara senar satu dengan senar yang lainya, di bandingkan dengan mereka mereka yang sudah terbiasa atau fasih memainkan alat musik gitar. karena apa...?karena mereka mereka yang sudah fasih memainkan alat musik gitar biasanya mereka sudah hafal nada nada pada gitar itu sendiri dan pada waktu melakukan penyetaman mereka tidak mengalami kesulitan apapun bahkan mereka menyetam gitar tanpa menggunakan tehnik dasar menyetam gitar yang akan saya bahas ini, mereka cukup menggunakan feeling atau perasaan tingkat tinggi (ho..ho..ho...) , bukan berarti tehnik dasar yang akan saya bahas ini tidak menggunakan feeling atau perasaan tapi penggunaan feeling atau perasaannya masih sedikit atau masih dasar banged. loh kan panduan ini emang di tujukan bagi para pemula.., kalo udah master lihat postingan ini pasti di ketawain "kikikikkz". Yang pasti baik itu menggunakan tehnik tingkat tinggi atau rendah sekalipun tujuannya hanyalah satu yaitu menyelaraskan atau mengharmonikan nada dari ke enam senar gitar biar tercipta suatu nada yang enak di dengar telinga.
Panduan pertama untuk menyetem alat musik berdawai khususnya gitar adalah sebagai berikut;
  1. Kita memulai menyetam dari bawah, yaitu dari senar nomor satu lalalu di teruskan ke senar berikutnya sampai selesai. Pertama yang harus di lakukan adalah menentukan nada dasar gitar, ini bisa dilakukan dengan cara menyamakan nada dari lagu yang sudah anda ketahui. Misalakan anda mengetahui kunci atau kord gitar lagunya boomerang yang judulnya pelangi, lagu ini nada dasarnya adalah dimainkan di Em (kord bagian intro), Untuk lebih lengkapnya Em C G D (pas intro aja) dan selanjutnya anda bisa mengambil nada senar nomor satu nada E dan disamakan dengan cara mendengarkan lagu boomerang dari kaset ataupun cd (inget mendengarkanya harus konsentrasi karena ini butuh pendengaran dan perasaan yang extra !) setelah nada senar nomor satu yaitu nada E sama dengan atau hampir mirip lagunya boomerang yang aslinya, lalu baru melakukan proses penyeteman yaitu caranya :
  • Samakan suara atau nada senar no 1 atau E ( di petik lepas tanpa memegang fret atau kolom ) dengan nada senar no 2 atau B ( di petik di fret atau kolom 5 ). Gunakan feeling yang bagus untuk mendapatkan tingkat kesamaan nada yang betul betul persis. Kalo masih binun bisa di liat bagannya di bawah ini :
E|-------------- senar no 1 di petik lepas
B|----------5--- senar no 2 di petik di kolom 5

Dan hasilnya usahakan suara atau nada senar no 1 di petik los atau lepas sama denga suara atau nada senar no 2 setelah di petik dikolom 5.
  • Samakan suara atau nada senar no 2 (yang td sudah di samakan suara atau nadanya dengan senar no 1) dengan nada atau suara senar no 3 (dipetik di kolom 4) , gambar bagannya sebagai berikut :
B|-------------- senar no 2 di petik lepas
G|---------4--- senar no 3 dipetik di kolom 4

Dan hasilnya usahakan suara atau nada senar no 2 dipetik los atau lepas sama dengan nada atau suara senar no 3 setelah di petik di klom 4.
  • Samakan suara atau nada senar no 3 ( yang tadi sudah disamakan suara atau nadanya dengan senar no 2sebelumnya) dengan nada atau suara senar no 4 (dipetik dikolom 5) , dan gambar baganya sebagai berikut :
G|-------------- senar no 3 dipetik lepas atau los
D|-----------5-- senar no 4 dipetik di kolom 5.

Dan hasilnya usahakan suara atau nada senar no 3 dipetik los atau lepas sama dengan suara atau nada senar no 4 setelah dipetik di kolom 5.
  • Samakan suara atau nada senar no 4 ( yang tadi sudah disamakan nadanya dengan senar no 3 sebelumnya) dengan nada atau suara senar no 5 (dipetik di kolom 5) , gambarnya ada sebagai berikut ini :
D|-------------- senar no 4 dipetik lepas atau los
A|------------5- senar no 5 dipetik di kolom 5.

Dan hasilnya usahakan suara atau nada senar no 4 yang di petik los atau lepas sama dengan suara atau nada senar no 5 setelah dipetik diklom 5.
  • Samakan suara atau nada senar no 5 ( yang tadi sudah di samakan nadanya dengan senar no 4 sebelumnya ) dengan nada atau suara senar no 6 ( dipetik diklom 5 ) , dan lihat juga gambarnya seperti berikut ini :
A|-------------- senar no 5 dipetik lepas atau los
E|-----------5-- senar no 6 dipetik dikolom 5.

Dan hasilnya usahakan juga suara atau nada senar no 5 yang dipetik los atau lepas sama dengan suara atau nada senar no 6 setelah dipetik di kolom 5.

  • Dan sebagai tambahan " Pastikan suara atau nada senar no 1 dipetik los atau lepas sama dengan suara atau nada senar no 6 yang juga dipetik los atau lepas.
Ughhh..cape juga nulis postingan ini, otaknya yang udah cape kaleee.....hehehe..emang semaleman kemarin begadangan ngurusin blog ini sampai pagi jam 6...ouwhhh.!!
Moga aja para pembaca bisa menerima cara penyampaian saya ini, dan kalo masih kebingungan silahkan anda segera cari pegangan..wekekekeke...maksudnya segeralah hubungi saya secara langsung lewat YM ataupun di chat box yang telah tersedia disini. dan kalo mau awet tersimpan di blog ini pertanyaanya masukin aja lewat post comment..
Ok...aku tunggu ya... C....U.....

5 comments:

  1. Terima kasih Mas Ekhan , berguna sekali buat saya panduan seperti ini , mohon petunjuk dan bimbingannya ya :) , Saya hampir setiap hari melihat blog Mas Ekhan , semua artikel dan panduannya sangat membantu Saya . Terima Kasih ^_^

    ReplyDelete
  2. Ta' coba dulu bs ga ya.

    ReplyDelete
  3. thank's y...
    aku udh mlai ngrti dkit2...
    thank's y........

    ReplyDelete
  4. wah.. bagus infonya tuh...

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)