Aug 4, 2008

belajar pelemasan jari untuk bermain melodi

Untuk sekedar di ingat ingat bahwa untuk bisa bermain melodi, jika ada kesempatan memegang gitar musti harus memainkan melodi, entah melodi itu di mainkan ngawur/tak beraturan ataupun mengikuti aturan scale solmisasi, tapi di anjurkan untuk memakai aturan scale solmisasi, karena biar kedepannya feeling kita terbangun dengan sendirinya dari sejak awal kita berlatih...
  1. belajar pelemasan jari tahap awal / dasar
Untuk tahap ini saya akan menggunakan scale mayor, yaitu do, re, mi, fa, so, la, si, do dan di mainkan dengan nada dasar C = do (bisa di sebut juga C mayor), jadi kesimpulannya jika C = do maka D = re , E = mi, dan begitu seterusnya dan akhirnya kembali lagi ke C'. nah perputaran anatara C yang pertama samapai ke C yang terakhir di sebut kenaikan satu octave dari nada C .. untuk berlatih memainkan melodi dari scale C mayor ini akan saya berikan nada mana yang musti di pencet...

E|-----------------------------------
B|-----------------------------------
G|---------------------2tl-4t-5k----
D|----------2tl-3t-5k---------------
A|--3t-5m--------------------------
E|-----------------------------------
keterangan :
*angka angka di atas adalah menunjukkan berada di kolom atau fret
*membacanya urut dari yang paling kiri ke kanan
*huruf /abjad besar EBGDAE menunjukkan senar atau nada, maka senar no 1 adalah nada E, senar no 2 adalah nada B dan begitu seterusnya...
*huruf/abjad kecil menunjukkan keterangan jari, maka t=jari tengah, m=jari manis, tl=jari telunjuk, k=jari kelingking.
*cara menghitung urutan senar di mulai dari atas ke bawah

mainkan melodi diatas dengan baik dan benar tanpa jari jari tangan anda memetik atau mengenai senar lainnya yang tidak berkepentingan dan yg akhirnya menimbulkan suara yg bising atau tidak bersih... memang jika anda memainkan melodi ini pertama kalinya pasti jari jari tangan anda masih mengenai senar2 yang lainnya dan menimbulkan suara yang gaduh dan nggak bersih di dengar, tapi anda tetap yakin bahwa jika anda sering melakuakn latihan melodi ini pasti tanpa terasa anda akan bisa tersendiri memainkan melodi ini dengan suara yang bersih tanpa jari2 tangan anda mengenai senar2 yang tidak bersangkutan ( pengalaman saya alami sendiri, jadi yakinlah diri anda , pasti bisa )

jika anda udah mulai agak lancar memainkan melodi diatas, lalu teruskan dengan mengulangi melodi tersebut dan tingkatkan kecepatan temponya... (inget semuanya butuh waktu dan proses, jika anda belum bisa saat ini, pasti besuk besuk pasti bisa sendiri asal anda tidak lupa untuk melatihnya tiap kali ada kesempatan memegang gitar, pengalaman ini saya alami sendiri.. anda ga usah ragu bisa atau nggaknya.... pasti bisa... saya jamin..!)

untuk tahap selanjutnya akan saya bahas setelah anda mulai bisa tahap yang ini, jadi mohon tinggalkan pesan anda di kotak komentar di bawah artikel ini yang nanti isinya : menunjukkan jika anda sudah bisa dan ingin berlatih tahap yang selanjutnya atau tanyakan apa yang masih membuat binun tentang latihan melodi pelemasan jari ini dan jangan lupa menyertakan alamat email atau yahoo messenger yang bisa di hubungi agar saya bisa menginformasikan kepada anda lebih detail.......

kita butuh komusikasiyang lancar... jadi jangan sungkan2 untuk bertanya kayak teman teman yang lainya yg sudah bertanya di blog ini....
thx....

26 comments:

  1. sipz mas tar pulang kerja saya coba...

    ReplyDelete
  2. Ditunggu tingkat 2 dan selanjutnya.
    Thx abis

    ReplyDelete
  3. oke saya coba dulu, thanks

    ReplyDelete
  4. tahap 2 nya bang sekarang.... kirim kealama email saya oc bang. trims

    ReplyDelete
  5. tar tak coba mz pz pul kerja..
    thx..;)

    ReplyDelete
  6. permisi bozzz... bisa tulung tampilin tenik bermain melodi seperti
    Legato
    - Harmonic
    - Tapping
    - Arpegio

    ReplyDelete
  7. permisi bozzz... bisa tulung tampilin tenik bermain melodi seperti
    Legato
    Harmonic
    Tapping
    Arpegio
    terimakasih .....

    ReplyDelete
  8. jelasin cara main nada pentatonic dunk...

    ReplyDelete
  9. hai kk.....

    mw maw nanya nihh......

    kalo mw nambah speed dlam bermain gtar gmana ya........???

    ReplyDelete
  10. ak dah bisa nih kk....

    selanjutnya gimana lagi kk....?

    ReplyDelete
  11. oke.. oke... satu satu ya yang saya posting.... gantian... n thx dah berkunjung di blog saya... miga bermanfaat...

    ReplyDelete
  12. um Thks ia..
    abis main saya coba deh,,,

    ReplyDelete
  13. Nambah speed,
    - ada yang bilang pake karet, tapi menurut gw malah peredarah darah di jari lu tersumbat
    - pake senar yang tebel, mungkin setelah kembali ke senar kecil jari jadi enteng
    - pake program gutar speed trainer
    dah ah...

    ReplyDelete
  14. arief arrachman9/9/09, 6:03 PM

    tolong jelasin secara detail dunk tentang tehnik scale mayor dan minor dunk!! gue kurang paham tentang ini

    ReplyDelete
  15. arief arrachman9/9/09, 6:07 PM

    kalo bisa tolong kirimin ke emailku yaa penjelasannnya...tanks arievera_exe@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. siap nanti saya coba
    mas gantian follow me yea

    ReplyDelete
  17. kasih tau detilnya dong... ni emailku joyogebang@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  18. Oke makasih, saya coba.

    ReplyDelete
  19. baru kali ini sya menemukan blog yang mengajarkan cara bermain gitar yang mantab seperti ini,,,makasih nih sob infonya

    ReplyDelete
  20. Punya Fb Ga Gan???

    ReplyDelete
  21. Blog Yang Kayak Gini Nih Yang Bermanfaat...
    Gan Punya FBnya Gak??? Saya Mau Add Agan

    ReplyDelete
  22. Maaf gans.. Itu gambar mines diatas maksut nya fret/grip gitar kan? Hehe ane masih bener bener dasar :D makasih

    ReplyDelete
  23. blognya masi idup nih ?

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)