Apr 27, 2008

Pengaruh Pick Atau Klipper

Hallo semuanya ketemu lagi dipostingan yang ke sekian kalinya moga aja banyak kemajuan yang di dapatkan oleh para sobat semuanya setelah membaca panduan panduan main gitar di postingan blog ini. Langsung aja hari ini saya akan membahas tentang pengaruh pick ataupun klipper terhadap suara senar atau dawai yang di petiknya.
Untuk pertama kalinya saya akan menjelaskan apakah yang namanya pick atau klipper itu..? Pick ataupun klipper adalah suatu alat pemetik dawai gitar yang bentuk dan ukurannya mungil dan menggemaskan. Alat ini sangat berperan penting terhadap para gitaris gitaris di dunia untuk membantu kelancaran atau kenyaman dalam memetik dawai gitar, bentuk dan corak warna pick atau klipper ini beragam dan sangat berfariatif dari mulai yang berukuran tebal sampai yang berukuran tipis semuanya tergantung selera dan kebutuhan kita. Tetapi dari kedua ukuran tersebut masing masing mempunya fungsi dan kegunaan yang disesuaikan atau di akselerasikan (balance) dengan kapasitas atau ukuran senar atau dawai gitar, karena akan berpengaruh sekali terhadap bentuk bunyi atau suara yang di hasilkannya. Disini juga saya akan membahas hal hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pick atau klipper :
  • Usahakan sesuaikanlah ukuran antara ketebalan pick atau klipper dengan ukuran dawai atau senar gitar , jika ukuran senar gitar berukuran antara 0,10 mm atau lebih maka pilihlah pick yang berukuran tebal, dikamaksudkan agar kualitas sound atau bunyi yang di hasilkan seimbang ketika dawai atau senar dipetik. Sebagai contoh dan gambaran jika kapasitas atau ukuran dawai atau senar berukuran besar tetapi menggunakan atau memilih pick atau klipper ukuran tipis ini akan mengakibatkan kekurangan power dalam pemetikan dan suara cenderung pelan dan kurang mantab. Dan sebaliknya jika kapasitas atau ukuran dawai atau senar berukuran kecil tetapi menggunakan atau memilih pick atau klipper ukuran tebal ini akan mengakibatkan bentuk bunyi atau sound yang dihasilkan akan pecah atau overloud.
Jadi bisa di simpulkan bahwa didalam pengambilan atau pemilihan pick atau klipper bukanlah dilihat dari merek, model dan warna dari suatu pick atau klipper akan tetapi kita bisa melihat dan menyesuaikan kapasitas atau ukuran senar atau dawai gitar yang dipakai.

Apakah sobat sobat sekalian setuju dengan analisa yang saya gambarkan dan saya tuangkan lewat postingan ini..? Jika keberatan dan ada sedikit komentar atau tambahan untuk ke benaranya silahkan kirim post comment di bawah.

Selamat berekspresi dan berkreasi dengan imaginasi anda.

2 comments:

  1. BaNg...

    KiRa"...

    ad gx PeRBeDa'aN SuaRa yG CeNDeRuNg daRi GiTaR

    kLo qTa pKe cLiPeR/PiK ???

    RePph~

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)