Jul 29, 2008

berlatih teknik sweep picking


Untuk kesempatan postingan kali ini saya mencoba memberikan gambaran tentang ilmu saya yang pas pasan ini mengenai bermain melodi, tapi sebelumnya saya mohon maaf jika ada salah satu sobat yang ga berkenan dengan blog ini, mengingat kejadian beberapa waktu lalu ada beberapa pengunjung blog ini yang menyampaikan komentarnya yang kurang enak di baca melalui post komentar ataupun prifat messege yahoo messenger, untuk sekedar di ingatkan bahwa ini adalah media blog yang mana adalah suatu kebebasan yang mutlak bagi penulis ! pengunjung yang merasa berkenan dengan artkel artikel yang saya posting melalui blog ini silahkan ambil jika emank bermanfat buat sobat sekalian, (cielah serius amat cih abang ini..? hehehe) yupz, kita langsung aja kembali ketopik pembicaraan yaitu mempelajari atau berlatih teknik sweep picking, apakah yang di maksud dengan teknik sweep picking..? jika di artikan ke dalam bahasa indoneisa "tekhnik sweep picking " adalah suatu tehnik permainan gitar yang mana cara memetiknya seperti menyapu, dalam artian menyapu dalam bentuk style (pola) aja.. bukan menyapu sampah bos.... huehueheuhe... jadi cara kerjanya begini, anda memetik senar gitar seperti menyapu dan yang di pakai untuk menyapu adalah pick/ kliper dan yang disapu adalah senar gitar... nah.. udah paham lom... saya jamin pasti belum paham, coz susah banget sih cara menyampaikannya, hiks hiks hiks... tapi saya akan berusaha menyanpaikan dengan sejelas jelasnya. Sweep picking jika di artikan kedalam bahasa indoneisa adalah petikan menyapu... gimana yah,... waduh susah bgd agar bisa memberikan gambaran yang mudah di pahami dan dimengerti bagi pembaca yang lain... seriuss!! pasti bisa.... nah mungkin untuk memperjelasnya kita mereview yang lainya dan berkaitan dengan teknik sweep picking ini, jadi...., tehnik sweep picking ini kebanyakan di maiankan dalam bentuk / style / pola chord atau kunci gitar, nah.. sekarang kita langsung praktek aja kali yah biar mendapatkan gambaran apa itu " teknik sweep picking ". mari kita lihat contoh tehnik sweep picking di bawah ini...

nah mengingat tehnik sweep picking yang kebanyakan menggunakan pola chord, mari kita lihat pola chord di bawah ini, yaitu pola chord balok Em :

E||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--o---|-----|-----|-----|---
B||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--*---|--o--|-----|-----|---
G||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--*---|-----|--o--|-----|---
D||-----|-----|-----|-----|-----|-----|--*---|-----|--o--|-----|---
A||-----|-----|-----|-----|-----|-----|------|-----|-----|-----|---
E||-----|-----|-----|-----|-----|-----|------|-----|-----|-----|---

nah... sekarang kita lihat seksama pola kord Em di atas, jika di mainkan dalam teknik sweep picking cara memetik sapuannya yaitu petik dari bawah ke atas (jika di mainkan di gitar memetiknya dari atas ke bawah) dan jari tangan kiri yang memegang senar yg membentuk pola chord Em, speed atau kecepatannya harus sama atau sebanding dengan kecepatan jari tangan kanan yang di pakai untuk mensweeping / menyapu petik senar...
untuk lebih jelasnya akan saya kasih gambaran perbedaan antara sweep picking dengan menggenjreng (gonjreng). pada dasarnya sama saja antara sweep picking dengan menggenjreng, cuman... kalo menggonjreng jari tangan kiri yang memegang senar yang membentuk pola chord Em di atas, jari kita hanya diam dan diam membentuk pola chord Em (coba sekarang mainkan pola chord Em diatas dan gonjreng dua kali, yaitu sekali kebawah dan sekali kembali keatas), nah jari tangan kiri anda masih diam dan membentuk pola kord Em kan..?
terus sekarang kalo di mainkan dalam teknik sweep picking, jari tangan kiri kita yang memegang senar yang membentuk pola chord Em jari kita tidak terpaku dan diam dengan pola chord Em tersebut, jadi jari tangan kiri kita bergerak mengikuti petikan jari tangan kanan kita yang membentuk seperti menyapu (sweep) dan inget memetiknya dari atas ke bawah dan kembali ketas lagi (kayak mengginjreng).

gimana udah jelas belum, tapi menurut analisa saya nih, sobat sekalian pasti banyak yang lom paham dengan pembahasan ini, apa lagi bagi sobat yang masih new bie... saya sudah berusaha bersusah payah mencari bahasa penyampaian yang jelas, tapi kayaknya masih belum optimal juga... saya sudah berusaha seolah2 saya jadi orang lain yang berkunjung ke blog saya dan membaca artiel ini dan saya merasa ga paham.... wekekeke.....
tapi tenang, saya akan berusaha kasih contoh videonya mendatang agar bisa lebih mudah di pahami...
tapi jangan lupa kasih komentar di bawah yah, apa yang membuat anda kurang tau dan tuliskan di kotak komentar di bawah, mungkin dengan cara ini saya bisa menjelaskan secara langsungdan kita bisa lebih memahai maksudnya.. n thanks yah atas kunjungannya...

18 comments:

  1. iya bang lebih baik kasih vidionya,, biar tambah jelas.......:D

    ReplyDelete
  2. oh... iyaa insya allah ya... tjx atas masukan dan kunjungannnya...

    manstabb...

    ReplyDelete
  3. Udah ngerti kok....
    makasih kk...
    ^^

    oya kk, ajarin harmonic dunk....

    ReplyDelete
  4. thx juga sob iqbal... kalo mo berlatih scale harmonic minor, coba sobat meluncur aja kesini http://ekhan-gitaris.blogspot.com/2008/10/harmonic-minor-guitar-scale.html , moga bisa membantu sobat..
    thx ya atas kunjungannya... salam gitaris... cisss.. hehehe::) :p

    ReplyDelete
  5. kalo skala jazz....gimana bang......

    ReplyDelete
  6. tampilan blognya agak di ultimate lagi,ya bos. . .
    tolong kasihin tutorial jika gitarisnya kidal. .

    ReplyDelete
  7. Hai, blog yang keren dan posting yang sangat bermanfaat. Blog walking nih mas bro, jika ada yang suka baca-baca artikel tentang gitar, tips, teknik, dan biografi gitaris dunia, silahkan mampir di blog saya ini ya http://guitaronsky.blogspot.com/ Thanks ya udah diperkenankan komen... Success with the blog :)

    ReplyDelete
  8. katanya setiap senar guitar
    ad nada yang berisi DO RE MI FA SOL LA SI DO nya
    tolong kasih tau dong dmna letaknya sob.........???

    ReplyDelete
  9. Memainkan alat musik itu tidak bisa dibahas melalui teori,tetapi praktek yang harus di imbangi skala dan jiwa.
    Jadi, menurut saya lebih baik anda memberikan teori-teori skala dan kejiwaan gitaris (jiwa blues,jiwa rock,jiwa pop,...dll)
    mungkin ini hanya sekedar masukan dari saya.
    Salam sukses.
    Thanks.

    ReplyDelete
  10. Abib ajah deh@ facebook,,
    bleh jg gan infonya,, biar lbih mdah tnya" bleh gk mnta nmr HPnya agan??
    thx b4 :D

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. bisa kirimkan videonya gant
    ni emailnya
    antu_bali@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  13. Paling bgus ksih video.nya jga gan... Biar yg blum tau jdi tau.. Kalau cman trick lwat kata-kata or sjenisnya kasihan yg otodidak.. N good job.. Smoga ini block mkin brmanfaat bgi para gitarist" yang mau ngembangin cara bermain gitarnya. :)

    ReplyDelete
  14. aufal slasky7/15/14, 3:28 PM

    paham paham ...

    ReplyDelete

Cara Kirim Komentar : ==> Pilihlah Pilihan " NAME/URL " Di Menu "Comment Us" Dibawah Kotak Komentar, Kemudian Isikan Nama Sobat dan Alamat URL/WEBSITE (contoh : http://www.NamaWebsiteAnda.com) Jika Punya, Kalo Tidak Punya Alamat URL/WEBSITE, Cukup Isikan Nama Sobat Saja Juga Ga Papa.. Thx (Admin)

+---+